Senin, 06 Juni 2011

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP





Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Apa itu pandangan hidup?
Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Pandangan hidup dapat diklasifikasikn berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.
Yang merupakan sumber pandangan hidup diantaranya yaitu: Agama (islam memiliki nilai kebenaran mutlak), Nilai-nilai budaya suatu bangsa, Pancasila, Serta hasil renungan seseorang hingga menjadi ajaran etika untuk hidup.
Pandangan hidup muslim yaitu:
- pedoman hidup (Al-quran dan sunnah)
- Dasar hidup
- Tuntutan hidup
Arahnya ada yang vertikal: kerelaan ke Allah (Q.2: 207) dan ada yang horizontal: kebahagiaan dunia dan akhirat (Q.2. 201)
Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi, maka pandangan hidup itu disebut ideology. Jika organisasi itu politik, ideologinya disebut ideology politik. Jika organisasi itu negara ideologinya disebut ideology negara.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan usaha, keyakinan/kepercayaan. Keempat unsure ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan. Cita-cita ialah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai adalah kebajikan. Yaitu segala yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan, keyakinan/keoercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.
Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof. Dr. Hanm Nasution, ada tiga aliran fisafat, yaitu aliran naturalism, aliran intelektualisme, dan aliran gabungan.
Adapun Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik yaitu:
- Mengenal
- Mengerti
- Menghayati
- Meyakini
- Mengabdi
- mengamankan
            Selain itu pada dasarnya pandangan hidup mempunyai unsur unsur:
·         Cita – cita
·         Kebajikan
·         Usaha
·         Keyakinan/kepercayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar