Senin, 06 Juni 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH




Menurut kamus bahasa Indonesia W.J.S poerwadarminta cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mangandung pengertian tentang rasa yang mendalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.
Perbedaan antara cinta dan nafsu :
- Cinta bersifat manusiawi
- Cinta bersifat rokhaniah
- Nafsu bersifat jasmaniah
- Cinta menunjukan perilaku member
- Nafsu cenderung menuntut

Cinta yang dikemukakan oleh Dr. Sarlito W sarwono memiliki 3 unsur yaitu : keterkaitan, keintiman, kemesraan.

KETERKAITAN
Adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, dan tidak mau pergi dengan orang lain, kalau janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikit beli oleh-oleh untuk dia.

KEINTIMAN
Yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkaha laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.

KEMESRAAN
Yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh/lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya.
Cinta memilki 3 tingkatan :
• Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada ALLAH, Rasulullah dan berjihad dijalan ALLAH.
• Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami, dan kerabat.
• Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.

KASIH SAYANG
pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadarmintaadalah perasaan sayang, perasaan cinta/perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar/tidaj sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling perhatian, saling percaya, dan saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
Kemesraan, kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simoati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik pria wanita yang sedang dimabuk asamara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan adalah suatu perwujudan dari cinta kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
Pemujaan, adalah salah satu menifestasi cinta manusia terhadap Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada tuhan tidak dapat dipisahkan daai kehidupan manusia. Hal ini adalah karena pemujaan kepada tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya, pemujaan-pemujaan ini sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan tuhannya hal ini berarti manusia mohon ampun atas semua dosanya, mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar ditunjukan jalan yang benar, mohon ditambahkan segala kekurangan yang ada padanya dan lain-lain.
Belas kasihan, perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihannya itu. Dalam esai on love ada pengertian bahwa cinta adalah rasa persatuan tanpa syarat. Itu berarti dalam belas kasihan tidak terkandung unsure pamrih. Belas kasihan yang kita tumpahkan benar-benar keluar dari libuk hati yang ikhlas. Cara-cara menumpahkan belas kasihan tergantung kepada situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang dan ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan, dan sebagainya.
Cinta memiliki 3 unsur :
• Keterikatan
• Keintiman
• Kemesraan
Erich fromm, ada 4 cara untuk mewujudkan cinta kasih:
• Pengenalan
• Tanggung jawab
• Perhatian
• Saling menghormati
Cinta : panduan rasa simpati antara 2 mahluk (wanita-wanita, pria-pria, pria-wanita)
Simpati : suatu proses dimana seorang merasa tertarik pada pihak lain proses ini perasaan memegang peranan yang sangat penting
Dorongan utama simpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerja sama dengannya.
Cinta kasih : (aksi/kegiatan aktip seseorang terhadap orang lain)(empati, perhatian, mengikuti, paruh,mau malakukan apapun) perasaan sayang, perasaan suka pada seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar